Konsumsi Makanan Sehat, Kendalikan Berat Badanmu

Bagi sebagian perempuan berat badan yang tinggi merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Alasannya sederhana tubuh jadi kelihatan tidak seksi atau tidak bisa mengenakan pakaian yang diinginkan. Memang alasan penampilan merupakan alasan utama yang sering dijumpai, tetapi tingginya berat badan juga memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa penyakit seperti serangan jantung atau stroke kerap kali menghantui siapa saja yang memiliki berat badan di atas rata-rata.berikut ulasan tips kesehatan yang wajib kamu tahu!

Perut Buncit Salah Satu Akibat Obesitas

Salah satu akibat yang ditimbulkan dari kelebihan berat badan adalah perut menjadi membuncit. Tidak hanya perut yang membuncit tapi beberapa bagian tubuh seperti paha atau lengan ikut membesar. Tetapi perut yang kelihatan tambun biasanya menjadi momok bagi semua orang terutama perempuan. Oleh karenanya kebanyakan orang akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, khususnya mengecilkan lingkar perut.

Penyebab Perut Buncit

Sebelum berusaha mengecilkan lingkar perut alangkah lebih baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab perut menjadi buncit. Karena dengan mengetahui penyebabnya maka usaha kita mengecilkan perut menjadi lebih efektif dan tidak sia-sia. Berikut adalah beberapa aktivitas yang sering dilakukan dan menyebabkan perut membuncit :

  1. Terlalu Sering Makan Makanan Ringan

Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan ringan bisa jadi merupakan salah satu aktivitas yang sering kita lakukan. Tanpa kita sadari ternyata terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan ringan akan berdampak sangat buruk bagi berat badan kita, terutama akan sangat berpengaruh bagi ukuran perut. Makanan ringan biasanya mengandung berbagai bahan tambahan yang sulit dicerna, sisa makanan yang tidak dicerna dengan sempurna itu akan tersimpan sebagai lemak. Lemak ini akan terus menerus ditimbun dan akan semakin banyak seiring dengan banyaknya konsumsi makanan ringan.

  1. Makan Menjelang Tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur mungkin saja menjadi salah satu kebiasaan bagi kita. Apalagi untuk sebagian orang tidur dalam keadaan lapar akan sangat mengganggu kenyamanan tidur. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata aktivitas ini berakibat pada kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Memang pada saat tidur metabolisme tubuh kita tetap berjalan, tetapi kurang sempurna untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Makan sebelum tidur akan mengakibatkan makanan yang kita makan tidak dicerna dengan baik sehingga akan disimpan dalam bentuk lemak.

Tips Mengecilkan Lingkar Perut

Mengecilkan lingkar perut bagi sebagian orang merupakan aktivitas yang jarang terpikirkan, terutama bagi perempuan baik ibu rumah tangga atau wanita karir sehingga tidak sempat untuk berolahraga. Tetapi jangan khawatir karena usaha untuk mengecilkan lingkar perut bisa ditempuh tanpa harus melakukan aktivitas fisik. Cukup dengan mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu mengecilkan ukuran perut Anda. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi terutama oleh perempuan dalam usaha mengecilkan perut :

1. Jus Lemon

Meminum jus merupakan kegiatan yang mudah dilakukan dan menyenangkan. Selain itu ternyata meminum jus lemon membantu Anda untuk mengecilkan ukuran perut. Jus lemon yang kaya akan vitamin C, vitamin B, magnesium dan zinc membantu meningkatkan pencernaan sehingga lemak-lemak juga akan semakin berkurang. Selain itu juga jus lemon juga membantu mengeluarkan racun sehingga membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengurangi kelebihan lemak.

2. Teh Hijau

Sekarang bisa dengan mudah kita jumpai teh hijau baik dalam bentuk aslinya ataupun dalam bentuk olahan lainnya. Kandungan polyphenol pada teh hijau yang cukup banyak membantu untuk memperlambat penambahan berat badan. Polyphenol yang banyak terkandung dalam teh hijau akan memperlambat penyerapan lemak dan juga meningkatkan penggunaan lemak yang berada di tubuh. Yang perlu diingat sebelum mengonsumsi teh hijau untuk membantu mengecilkan perut adalah tidak perlu ditambahkan dengan gula. Selain kaya akan polyphenol teh hijau juga banyak mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk pencegahan kanker.

3. Buah Dan Sayuran

Buah dan sayuran terutama yang banyak mengandung serat sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut secara cepat. Buah-buahan dan sayur-sayuran tidak mengandung terlalu banyak lemak, sehingga mengonsumsi banyak sayur dan buah tidak akan meningkatkan berat badan. Serat yang dimiliki oleh buah dan sayur juga membantu mengikat air sehingga pencernaan berjalan lebih baik, sekaligus mampu melarutkan lemak lebih banyak. Dengan semakin banyak lemak yang terlarut maka akan meminimalisir penimbunan lemak.

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Anda harus mulai menggunakan minyak kelapa untuk olahan masakan Anda. Minyak kelapa dikenal mengandung asam lemak yang disebut medium chain fatty acid. Asam lemak tersebut sangat efektif untuk membakar lemak, terutama lemak pada bagian perut. Dengan mulai menggunakan minyak kelapa maka akan semakin mempercepat program penurunan berat badan dan mengecilkan perut Anda.

Demikian beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mempercepat mengecilkan ukuran perut Anda. Jadi bagi kalian perempuan yang tidak sempat atau tidak memiliki waktu untuk olahraga bisa segera dicoba.