6 Cara Simpel Memiliki Perut Kecil Tanpa Gym

Siapa yang tidak ingin memiliki perut indah? Bisa dipastikan bahwa mayoritas orang sangat memimpikan perut kecil dan kencang, tanpa dihiasi lemak di sana-sini. Dari segi kesehatan, kita semua sudah paham bahwa perut yang rata cenderung lebih sehat. Lemak yang menumpuk di perut bisa memicu penyakit seperti sakit jantung dan kanker. Dari segi estetika, sebagian besar orang berpendapat bahwa perut rata terlihat lebih menarik dan lebih mudah mengenakan pakaian yang diinginkan.

Sayangnya, era globalisasi seperti ini membuat mobilitas orang-orang meningkat. Efeknya adalah ketidaktersediaannya waktu luang untuk sekadar berolahraga di pusat kebugaran. Impian mengecilkan perut berlemak pun jadi terabaikan. Belum lagi gaya hidup people zaman now yang akrab dengan junk food dan makanan-makanan kurang sehat lainnya. Itu semacam menjadi double attack bagi mereka yang menginginkan perut rata nan kencang. Yang jadi pertanyaan adalah, “Bisa tidak kita mendapatkan perut indah tanpa repot-repot ke pusat kebugaran?”

Tentu Saja Bisa! Selalu Ada Jalan Menuju Roma, Bukan?

Membentuk perut indah itu tidak sulit, kok! Ada berbagai macam cara, mulai dari mengubah kebiasaan, pola hidup, atau melakukan latihan-latihan sederhana di rumah. Yuk, cek cara sederhananya di bawah ini:

  1. Planking

Planking adalah latihan efektif yang bisa kita lakukan di sela aktivitas. Selain bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, latihan ini pun tidak membutuhkan banyak ruang. Tanpa perlu mengikuti gym atau repot-repot ke pusat kebugaran. Kita hanya diharuskan untuk bertahan dalam posisi tertentu dalam durasi yang telah ditetapkan. Gerakan sederhana itu akan membantu membakar kalori, mengencangkan otot perut, dan membentuk pinggang yang lebih indah. Postur tubuh kita pun akan lebih baik dan tegap. Lakukan secara rutin setiap hari, makan tubuh lebih kencang pun bisa kita dapatkan.

  1. Sit up

Latihan klasik nan sederhana ini pasti sudah banyak diketahui orang. Sit up adalah salah satu latihan yang melatih berbagai otot, salah satunya otot perut. Latihan ini secara rutin akan membantu membentuk serta menguatkan otot perut, terutama otot rectus abdominis. Namun ada satu hal yang perlu kita tandai: anggapan bahwa sit up bisa membakar lemak di perut itu tidak sepenuhnya betul. Sit up lebih fokus pada mengencangkan otot perut yang akan membuat perut terlihat lebih rata. Jadi jangan salah persepsi, ya!

  1. Hula hoop

Permainan ini tentu teramat sangat tidak asing bagi kita. Bahkan permainan sederhana ini adalah salah satu rahasia keindahan perut Michelle Obama. Tidak banyak memang orang yang bisa memainkan hula hop. Namun coba dan berlatihlah. Akan sangat menyenangkan bagi kita membakar kalori sambil bermain. Memainkan hula hoop selama setengah jam akan membakar sebanyak  150-250 kalori. Sementara itu, berlatih hula hoop selama 10 menit dianggap setara dengan lari sepanjang 1,6 km. Keuntungannya? Selain membantu mengecilkan perut, hula hoop pun membantu memperindah bagian tubuh lain seperti pinggang, paha, dan dada. Menarik, kan?

  1. Tetap tegak, jangan membungkuk

Coba introspeksi diri, kita pasti sering duduk atau berdiri dengan tubuh membungkuk. Lalu sebagian dari kalian akan bertanya-tanya, apa hubungannya?

Terlihat sepele, namun faktanya adalah otot perut akan mengendur jika kita terus-terusan membungkuk. Kebiasaan membungkuk itu akan membuat otot perut kurang kencang hingga terlihat buncit atau berlipat. Solusinya? Ubah kebiasaan! Belajar untuk duduk atau berdiri dalam postur yang tegak. Lebih melelahkan memang. Apalagi jika belum terbiasa. Namun kebiasaan baik itu akan menjaga otot perut kencang sehingga tetap terlihat rata dan indah.

  1. Minum air lemon

Kurangi minum minuman bersoda, beralih lah ke air lemon. Seperti yang telah kita ketahui, lemon kaya akan vitamin C yang membantu daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini pun mengandung banyak serat dan rendah sodium yang sangat membantu mengeluarkan racun dan menurunkan berat badan. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kinerja sistem pencernaan yang menjadi sangat penting dalam membakar lemak perut berlebih.

Kita hanya perlu rutin mengonsumsi air perasan lemon yang dicampur air hangat di pagi hari saat perut masih kosong. Itu adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun hati-hati jika kalian memiliki gangguan lambung. Perlu konsultasi lebih lanjut untuk para penderita gangguan lambung. Sedangkan untuk kalian yang mengonsumsi minuman ini, efeknya akan sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. Nafsu makan pun jadi lebih terkontrol sehingga tidak akan ada kisah sedih kalap makan saat diet.

  1. Kurangi makanan manis, perbanyak air putih

Bukan berarti tidak boleh sama sekali, ya! Coba kurangi frekuensinya dan perhatikan komposisinya. Sebagian makanan manis seperti cake, softdrink, dan es krim mengandung pemanis buatan yang memicu pengendapan lemak di perut. Lalu cobalah perbanyak minum air putih. Tubuh dengan kadar cairan yang cukup akan membantu kelancaran metabolisme tubuh dan terasa lebih segar. Selain itu, minum air putih akan memberikan efek kenyang yang otomatis akan menghambat nafsu makan kita. Keinginan makan lenyap, dan tidak akan ada lagi tambahan lemak atau kalori yang akan menumpuk di perut. Jadi tetap minum air putih sesuai yang dianjurkan, ya!

Simpel dan bisa dilakukan di rumah, bukan? Ingat! Semuanya harus dilakukan dengan niat, usaha, dan konsisten. Tidak ada yang instan. Untuk mengecilkan perut berlemak perlu ketekunan, konsistensi, yang dibarengi dengan gaya hidup sehat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semuanya butuh proses, bukan?

Jadi, selamat memiliki perut indah!